My Dual Monitor Desktop PC

Sudah lama sekali saya tidak update dan sepertinya saya lebih suka bulk update ketimbang update setiap hari secara konstan. Tapi di sini saya tidak ingin membicarakan update atau tidak update-nya saya, in short “this is my blog, I do whatever I want!”. Ok enough for the introduction, the real post is… saya mau nunjukkin beberapa screenshot dual screen desktop.


Saya menggunakan Pinguy OS dengan Driver NVidia terbaru, seperti inilah tampang OS tersebut. Desktop Linux bisa istimewa jika nautilus wallpaper di non aktifkan dan wallpaper dari compiz di aktifkan. How to? Google it yourself dude!


Windows XP dengan dua wallpaper berbeda (secara default wallpaper anda tidak akan bisa berbeda tanpa software yang saya gunakan). Keep reading for XP/Vista/7 User.


Kalo ini sudah di revisi wallpapernya sehingga kelihatan nyambung satu sama lain.


Ini juga sama kyk di atas, cuma belum di tweak jadi masih agak kurang pas.


Ini yang paling saya suka, sebelah kiri internetan (facebook), sebelah kanan nonton film HD pake splash pro, enak banget rasanya hahaha…

Mau seperti di atas? Jika ya, ini beberapa persyaratannya:
– VGA anda support dual monitor
– Anda punya dua monitor (ya jelaslah, klo gk ya ini gk usah dilakukan, stop reading then)
– Pastikan bahwa colokan VGA dan monitor anda sama (D-Sub, DVI, ato HDMI)
– Wallpaper extra besar, di mbah google banyak koq (resolusi di atas 2500, kecil gk masalah sih tapi bakal jelek dan pecah seperti anda :p)
– Program untuk menjalankan different wallpaper untuk dual monitor anda. Program bisa di download di http://www.displayfusion.com (XP/Vista/7)
– Untuk distribusi Linux, silahkan cari tutorialnya dengan menggunakan compiz dan mematikan wallpaper nautilus.
– Yang paling penting, anda sudah bisa menjalankan dual screen! (di XP bisa klik kanan desktop, Properties, tab Settings, nah atur deh disitu. Klo di Linux langsung ke Xorg Config milik VGA driver anda, contohnya NVidia)

My Spec:
Sebenarnya cuma membutuhkan VGA yang compatible dengan dual monitor saja, saya hanya menggunakan:
VGA NVidia 210 GS
Left Monitor Samsung 740N (Max resolution 1280×1024) Connector D-Sub with 15 pin.
Right Monitor Samsung EX2020 LED (Max resolution 1600×900) Connector Dual Link DVI.
Other spec is not necessary as long you have at least like that.

Dalam kasus ini Analog (D-Sub) dan Digital (DVI) display bisa berjalan bersamaan asal hardware anda support. Selain itu, settingan OS juga berpengaruh dalam hal tersebut.

P.S:
Anda bisa buat lebih bagus daripada saya dengan banyak tweak, seperti biasa tanya-tanya mbah google biar jelas. Sekian dan terima kasih! šŸ˜€

Leave a Reply

