PCSX2 0.9.7.4387 Emulator for PC

Update terbaru yang dilakukan oleh Team PCSX2 yang sudah lama tidak dikembangkan lagi. Namun baru-baru dikeluarkan update emulator terbaru yang cukup stabil digunakan untuk bermain game PS2 via emulator. Dari pengalaman sendiri, saya dulu memakai versi 0.9.2 yang sangat lambat. Mengapa lambat? Dulu emulasinya sangat payah, selain itu PC yang saya gunakan juga lumayan lama jadi agak lelet sedikit (gk sedikit sih, banyak!) ya wajarlah.

Langsung aja ke download pagenya:
PCSX2 0.9.7.4387
credits: emucr.com

Setting untuk konfigurasi saya tidak akan banyak bicara karena secara default settingannya sudah enak untuk digunakan. Untuk pertama kali memulai, emulator akan langsung mengeluarkan notifikasi tentang apa-apa saja yang harus dikonfigurasi (bahasa ribet tapi lanjutgan). Anda juga butuh bios untuk menjalankan emulator ini.
Bios dapat di download di:
Search Bios PS2 in Indowebster
Download saja file rar yg ada disana (cari ukuran 10MB), toh kalau ada yg di password bukan tanggung jawab saya hehehe (usaha sedikit gk masalah donk :p)

Untuk compatibility list bisa dilihat di official sitenya:
Compat List

Game yang sudah lancar saya mainkan dirumah neh:
Final Fantasy XII
Suikoden III
Suikoden Tactics
Wild Arms 5
Breath of Fire 5
Ar Tonelico
Shining Force EXA
Digimon World Data Squad
Rogue Galaxy

Untuk gamenya silahkan cari sendiri karena saya hanya memberikan emulatornya bukan gamenya (nge-rip dari DVD PS2 jadi ISO juga bisa).
Beberapa game di atas sudah saya mainkan dan saya dapet 60FPS (tentunya karena spec kompi saya yg baru udah lumayan). Beberapa setting terutama di config> Video > plugin settings… yang mesti diperhatikan. Jika game dirasa berat coba saja pilih renderernya SDL 1.3 (software) jika hardware anda cukup mumpuni bisa setting ke Direct3D9 (Hardware) atau Direct3D11 (Hardware). Jika ada beberapa graphical issue seperti game Shining Force EXA, ganti saja ke Direct3D9 (Software) (cuma agak lemot jika dipakai untuk game lain). Untuk mengimprove gameplay, silahkan otak-atik sendiri mengenai Video Plugins seperti enable game fixes di Core GS Setting.

Hardware yang saya gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal (gk maksimal juga sih…):
Processor: AMD Phenom II X4 955 Black Edition @3,2GHz (OC to 3,5GHz) <<<< gk terlalu ngaruh mas bro karena sudah lebih dari 2,5GHz
RAM: Corsair Dominator 4GB DDR3 1333MHz (OC to 1600MHz) <<<< lupa versi apa yang pasti udah di OC
VGA: AMD Radeon 6870 1GB DDR5 940MHz <<<< dulu ATI skrg dah AMD hehehe
HDD: gk usah disebut lah, anda sudah paham mengenai ukuran file pada emulator dan juga gamenya. Yang penting muat untuk program dan gamesnya.

Rekomendasi Hardware menurut saya:
Processor: Dual Core @3GHz
RAM: 2GB DDR3 (DDR2 juga gak apa, yg penting lebih dari 2GB)
VGA: NVidia 210 GS 512MB (kalo renderer hardware butuh VGA yg bagus, kalo software VGAnya gk perlu bagus asal bisa jalan….konsekuensinya Processor dan RAM harus besar)
HDD: sebanyak yang anda butuhkan 😀

One thought on “PCSX2 0.9.7.4387 Emulator for PC”

Leave a Reply

